Indonesia Menempati Tiga Besar Dunia Ekspor Ikan Hias

KKPNews, Jakarta – Indonesia menempati posisi tiga besar dunia dalam ranking ekspor ikan hias yang memiliki potensi perdagangan mencapai US$ 65 juta, setelah Singapura dan Jepang. Tujuan utama ekspor ikan hias Indonesia adalah Amerika Serikat, Jepang, Hongkong, Austalia dan Inggris.

Guna mendorong Indonesia sebagai produsen dan pengekspor ikan hias nomor satu di dunia pada 2019 mendatang, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan pada 2017, produksi ikan hias mencapai 1,19 ekor. Hal tersebut tentunya dapat mendukung roda ekonomi Indonesia khususnya sektor produksi ikan hias.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan, Zulficar Mochtar mengatakan ada sekitar 28 peraturan yang dijalankan oleh pelaku bisnis ikan hias. “Aturan tersebut mencakup perdagangan dalam dan luar negeri. Dari peraturan tersebut, 30 persen berada dalam kontrol KKP dan sisanya berada di instansi lain”, ungkapnya.

Sekretaris Jenderal Dewan Ikan Hias Indonesia (DIHI), Soeyatno mengatakan, tantangan yang dihadapi saat ini adalah ketersediaan data dan peta potensi ikan hias nasional. “Indonesia juga perlu merilis branding andalan, seperti Srilanka untuk ikan Guppy, Thailand untuk ikan cupang, dan Malaysia untuk jenis Lauhan”, terangnya dalam gelaran konferensi pers di Tangerang, Jumat (30/12). (MD)

 

Sumber Berita:
http://news.kkp.go.id/index.php/indonesia-menempati-tiga-besar-dunia-ekspor-ikan-hias/