Visi Misi KPI DIHI 2011 – 2025

Visi, Misi , Program , Kegiatan , KPI dan Output Outcome DIHI 2011 – 2025

PeriodeFase StrategisFokus StrategisProgram UtamaIndikator Kinerja (KPI)Output & OutcomeKeterkaitan dengan Visi/Misi
2011–2013Konsolidasi NasionalAdvokasi & Pembentukan KelembagaanKampanye publik, pembentukan DIHI, pemetaan asosiasiTerbentuknya struktur organisasi DIHI, keterlibatan asosiasi laut dan tawarDIHI resmi terbentuk dan mulai berperan sebagai wadah koordinasi nasionalMemayungi asosiasi dan memperkuat koordinasi nasional
2014–2015Advokasi KebijakanRegulasi & IndustrialisasiUsulan BUMN ikan hias, policy brief ekspor1 policy brief diajukan, 1 proposal BUMN disusunMeningkatnya perhatian pemerintah terhadap sektor ikan hiasMendukung kebijakan nasional dan daya saing ekspor
2016–2020Promosi & Ekspansi PasarBranding & Peningkatan Daya SaingDukungan terhadap NUSATICMitra penyelenggaraan NUSATICNUSATIC menjadi event internasional, SDM lokal meningkat kompetensinyaMendukung visibilitas dan ekspor ikan hias Indonesia
2018–2020Pemberdayaan UMKMInklusi & Penguatan kerjasama UMKMAdvokasi eksportir / UMKM ke pameranWilayah Strategis ( Jawa Barat , Bali Jawa Timur, Banten ) pameran NUSATICEksportir / UMKM tampil dan bertransaksi di event nasionalMenguatkan peran pelaku utama industri ikan hias
2021–2025Profesionalisasi OrganisasiKonsolidasi & Reformasi AsosiasiKonsolidasi DIHI, AKKI, INOFE; penguatan organisasiKemitraan Strategis Asosiasi Ikan Hias Air Laut dan Air TawarTawarSatu suara nasional dalam kebijakan ikan hiasMemperkuat peran DIHI sebagai lembaga advokasi
2023–2025Transformasi GlobalDiplomasi & Adaptasi TeknologiPromosi spesies unggulan; digitalisasi dan traceabilitySpesies endemic Indonesia dan ikan hias unggulan ditampilkan di forum global; platform digital prototipeIndonesia dikenal sebagai eksportir utama Botia Arwana, Clownfish, Koi; mulai transisi ke sistem digitalMenjadikan Indonesia pusat ikan hias dunia yang adaptif dan berkelanjutan